Wednesday 9 March 2016

Cara Memperbaiki Layar Android Ghost Touch


How to repair smart phone screenHow To repair smart phone screen. Memperbaiki layar smart phone sebenarnya tidaklah terlalu sulit jika anda mengetahui terlebih dahulu kenapa layar smart phone eror. Karena cara mengatasi layar smart phone yang rusak hanya ada 2 saja. Jika eror karena software maka yang diperbaiki adalah softwarenya atau lebih tepatnya diminimalkan penggunaan aplikasi. Jika yang rusak adalah hardware maka anda tinggal membawa ke tukang service untuk menggantikannya. Walaupun anda sendiri bisa memperbaikinya jika memiliki alat untuk memperbaikinya.

Penyebab Utama yang menyebabkan Screen smart phone anda rusak atau error dan cara mengatasinya adalah :
Kerusakan pada baterai ataupun baterai kehabisan daya
Karena kebanyakan ghost touch terjadi di saat-saat baterai di android mau habis, jadi solusinya segera isi kembali baterai smartphone anda, akan tetapi bila di smartphone android anda terjadi masalah  ghost touch ini pada saat keadaan isi baterai masih banyak, dan lihatlah apakah baterai anda melembung? Jika iya,  maka solusinya gantilah baterai dengan yang baru.
Kerusakan pada Charger
Banyak teman yang mengalami layar smartphone androidnya gerak-gerak sendiri di saat melakukan charger hal ini biasanya terjadi karena anda menggunakan charger yang tidak originalginal atau asli bawaan hp.
Kondisi layar yang sedang panas
Layar touchscreen memiliki batas toleransi panas agar bekerja secara normal, akan terasa hangat  di luar smartphone dan anda terasa agak panas, tetapi di dalam smartphone pasti sudah panas sekali, solusinya hentikan pemakaian beberapa saat agar suhu kembali normal, atau cara lain yang tidak dianjurkan adalah dengan memasang spreader tambahan dari tembaga di bagian dalam casing hal tersebut untuk meredam panas.
Kondisi pelindung layar / Screen Guard /S creen Protektor yang kotor
Hal ini sering terjadi karena penumpukan debu yang memang sulit dibersihkan. Cara mengatasinya dalah dengan melepaskam pelindung layar kemudian bersikan layar dan ganti pelindung layar dengan yang baru.
Cpu dan Ram bekerja secara berlebihan.
Jika CPU dan RAM bekerja berlebihan karena terlalu banyak software yang tidak berguna makan akan terjadi overheat pada smartphone anda. Solusinya kurangi multitasking, maksudnya jangan kebanyakan membuka aplikasi secara berlebihan di smartphone anda, hal tersebut membuat performa smart phone  jadi tidak stabil dan mengakibatkan ghost touch.
Bugs pada Rom/software
Terdapat cacat pada ROM atau Software bawaan dari Smart Phone anda. Solusinya Upgrade romnya ke yang terbaru dan lebih stabil dan pastinya yang sesuai dengan smartphone anda atau bisa juga dengan mencoba dulu factory data reset.
Penyebab Lain dari Ghost Touch adalah
Touchscreen error karena terlalu sensitif atau lambat.
Saat Touch screen masih bisa digunakan dan masih bekerja tetapi jika anda mengalami masalah
seperti ini, cara mengatasinya adalah dengan mengatur kalibrasi dengan menuju ke Setting > Display > Calibration
Kemudian check dengan menggunakan kode *#*#2664#*#* untuk melihat sensitifitasnya.
Intinya adalah ketika anda menemukan kerusakan pada layar smart phone anda yang diakibatkan oleh software maka langkah yang harus anda lakukan adalah.
Restart smartphone android.
Jika layar sentuh Android benar­ benar tidak bisa digunakan lagi dan tidak berfungsi coba restart Smart phone anda.
Lepas baterai, kartu SIM dan Kartu memori.
Setelah anda restart, tetapi masih belum normal coba matikan smartphone anda kemudian lepas Baterai, Simcard dan Memory card, biarkan selama beberapa detik agar kapasitor di dalam motherboard tablet Android benar­ benar tidak dapat mengkonsumsi energi.
Bersihkan layar Android
Membersihkan layar smart phone dengan menggunakan tisu halus yang dibasahi alkohol isopropil. Atau jika anda tidak menemukan alkohol maka Minyak kayu putih adalah opsi yang sangat membantu.
Lakukan Factory Reset. (Sangat Tidak direkomendasikan)
Karena selain akan menghilangkan semua data­data, reset factory juga akan membuat android anda kembali seperti awal mula ketika anda baru menggunakannya. Pastikan snfs  melakukan backup semua data dan file di dalam memory eksternal secara manual ke PC komputer atau laptop.
Jika layar bergaris bagaimana cara mengatasinya.
Penyebab utama kerusakan layar sentuh adalah adanya benturan atau penekanan keras karena terjatuh. Ada beberapa penyebab terjadinya layar bergaris, diantaranya:
  • Handphone terlalu sering jatuh atau terkena benturan benda keras
  • Terlalu sering terkena radiasi signal
  • Panas yang terlalu over
  • Umur pakai layar yang memang sudah waktunya ganti (handphone terlalu tua)
  • Layar Terkena Air
Untuk mengatasi layar sentuh bergaris seperti kasus ini, berikut cara memperbaikinya:
Cara Mengatasi Layar Bergaris
Cara Mengatasi Layar Sentuh Bergaris
Beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi layar bergaris. Pertama persiapkan alat - alatnya
yaitu:
  • Kain lembut (sapu tangan)
  • Pengorek telinga (CottonBud)
  • Sikat gigi bekas
Langkah memperbaiki layar sentuh ponsel yang bergaris :
  1. Buka cashing handphone dalam keadaan hidup atau menyala
  1. Gosok secara beraturan di atas layar pada bagian yang rusak secara perlahan dengan cottonbud
  1. Jika bergaris kebawah (Vertical), gosok secara halus dari atas ke bawah.
  1. Jika membentuk lingkaran, gosok secara halus searah jarum jam.
  1. Jika bergaris ke samping (Horiginalzontal), gosok secara halus kekiri dan ke kanan.
  1. Dalam penggosokan, perlu sedikit tekanan dan lihat LCD akan tampak bagian yang rusak seperti lengket.
  1. Gosok terus kurang lebih 30 menit. Dibutuhkan kesabaran, karena jika terlalu menekan justru menambah rusak permukaan layar.
  1. Jika sudah, Restart handphone, pasang kembali chasingnya.
Jika tidak bisa diatasi juga saran saya adalah pakai saja sambil persiapkan budget untuk ganti layar. Atau bahkan pakai jurus Lembiru (Lempar beli yang baru) saja. Itulah Posting tentang cara memperbaiki layar sentuh yang error.








Load disqus comments

0 komentar

Powered by Blogger.